Selasa, 22 November 2011

CONTOH rpp BAHASA INDONESIA


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah           : SMAN 1 Teluk keramat
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : XI IS 3 / Ganjil
Pertemuan                 :
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
Standar Kompetensi : Membaca
                                      7. memahami berbagai hikayah, novel Indonesia atau novel terjemahan
Kompetensi Dasar     : 7.1 Menemukan unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik hikayah
Indikator                    :  1. Manpu menemukan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinssik hikayah
  2. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
  3. Mampu menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
A.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menemukan unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik hikayat
2.      Siswa dapat mengidentifikasi unssur-unsur instrinsik dan ekstrinsik hikayat
3.      Siswa mampu menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri

B.     Materi Pembelajaran
Hikayat
Menurut KBBI (2005:401) hikayat adalah karya sastra lama melayu berbentuk prosa yang berisi cerita, undang-undang, dan sisilah yang bersifat rekaan, keagamaan, historis, biografis, atau gabungan sifat-sifat itu, dibaca untuk pelipur lara, pembangkit semangat juang atau sekedar untuk meramaikan pesta. Hikayat berasal dari semenanjubng melayu. Dalam hikayah bahasa yang digunakan kadang-kadang sulit untuk dipahami karena diceritakan dengan bahasa melayu. Cerita hikayah menggunakan kata-kata seperti alkisah, syahdan, sebermula,arkian, hatta, dan sebutlah yang tidak digunakan dalam percakapan atau tulisan sehari-hari.
Unsur-unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Hikayah
1.      Unsur Intrinsik
Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra dari dalam
a.       Alur, merupakan rangkaian peristiwa yang membangun cerita dan mengandung hubungan sebab akibat.
b.      Tema, merupakan gagasan atau ide sentral yang menjadi pangkal tolak penyusunan atau sasaran karangan tersebut.
c.       Tokoh, merupakan pelaku atau individu yang ada dalam karya sastra.
d.      Penokohan, berkaitan dengan sifat-sifat tokoh yang digambarkan dalam cerita oleh pengarang.
e.       Amanat, merupakan pesan yang disampaikan pengarang kepada pembaca.
f.       Latar/Setting, merupakan gambaran tempat, waktu, dan suasana terjadinya peristiwa dalam sebuah karya sastra.
g.      Sudut pandang, merupakan cara pengarang menempatkan diirinya dalam sebuah karya sastra.
2.      Unsur Ekstrinsik
Unsur ekstrinsik adalah unssur-unsur yang berada di luar karya sastra tetapi mempengaruhi karya sastra tersebut. Unsur-unsur ekstrinsik seperti :
a.       Latar belakang pengarang
b.      Latar belakang sosial budaya
c.       Nilai-nilai yang dianaut pengarang
Hikayat ditulis anonim (tidak menyertakan nama pengarangya) karena pada awalnya hikayat merupakan sastra lisn yang diceritakan yang dicritakan secara turun temurun tanpa diketahui siapa pengarangya. Oleh karena itu, nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat saat hikayah itu berkembang dan dituliskan. Sebagai karya sastra lama, hikayat terpengaruh latar belakang sosial masyarakat yang maih terikat adat yang kuat, bersifat statis dan sederhana. Cerita hikayat memperlihatkan pola pikir masyarakat yang masih sederhana dan jauh dari kisah-kisah kerumitan hidup seperti yang biasa ditemukan pada kaya sastra popular.
Contoh Hikayah : hikayah Hang tuah, hikayah Panji Semirang, dll
C.    Metode Pembelajaran
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Inkuiri
-          Penugasan
D.    Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Awal (5 menit)
1.      Salam.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Guru memotivasi siswa mengenai pentingnya materi yang akan disampaikan.
Kegiatan Inti (80 menit)
1.      Guru menjelaskan mengenai pengertian hikayat beserta cirri khas.
2.      Guru menampilkan chart dan membagikan kartu yang berisi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat untuk menguji pemahaman awal siswa.
3.      Siswa diminta untuk memasukan kartu pada media yang tersedia.
4.      Guru mengomentari pekerjaan siswa dilanjutkan dengan menjelaskan dan bertanya jawab mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat secara berurutan.
5.      Guru menugaskan siswa membaca dan memahami teks hikayat Ibnu Hasan pada buku paket yang telah dibagikan dalam waktu 10 menit.
6.      Bersama-sama siswa guru mengidentifikasi unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat yang telah dibagikan.
7.      Guru menanyakan kesulitan siswa dan mengulang bagian yang belum dipahami siswa.
Kegiatan Penutup (5 menit)
1.      Guru membagikan teks hikayat kera dan kura-kura kepada siswa.
2.      Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat bersama teman sebangku yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
3.      Penutup
4.      Salam.
Pertemuan 2
            Kegiatan Awak (5 menit)
1.      Salam.
2.      Guru mengecek kehadiran siswa
3.      Apersepsi.
4.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
5.      Guru memotivasi siswa.
Kegiatan Inti (80 menit)
1.      Guru menanyakan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
2.      Siswa diarahkan untuk menukarkan tugas yang telah dikerjakan.
3.      Secara bergantian siswa membaca hukayah Kera da Kura-kura.
4.      Guru meminta siswa memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan rubric penilaian dan pembahasan yang dilakukan bersama-sama guru dan siswa.
5.      Guru menunjuk beberapa orang siswa untuk menceritakan kembali hikayat yang telah diidentifikasi.
6.      Guru memberikan penghargaan kepada siswa.
Kegiatan Akhir (5 menit)
1.      Guru dan siswa melakukan refleksi
2.      Guru memberikan penguatan
3.      Penutup
4.      Salam.
E.     Alat, bahan, dan Sumber Belajar
-          Buku Terampil berbahasa Indonesia 2, halaman 17-19 (intan pariwara)
-          Buku cerdas berpikir bahasa dan sastra Indonesia, halaman 60-61 (Ganeca Exact)
-          Contoh hikayat kera dan kura-kura
-          Media karton
F.     Penilaian
1.      Teknik       : Tes untuk kerja
2.      Bentuk Instrumen : Tes Tertulis
3.      Soal Instrumen      :
1.      Identifikasilah unsur-unsur intrinsik dalam hikayah kera dan kura-kura bersama teman sebangku
2.      Temukan unsur-unsur ekstrinsik hikayat dan kura-kura. Jelaskan dengan bukti berupa kutipan !










4.      Rubric Penilaian

Unsur yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
5
Unsur Intrinsik
1.      Ketajaman analisis
2.      Kelengkapan unsur yang dianalisis
3.      Keruntutan penyajian hasil analisis
4.      Sistematika penyajian hasil analisis
5.      Bahasa penyajian





Unsur Ekstrinsik
1.      Ketajaman analisis
2.      Kelengkapan unsur yang dianalisis
3.      Keruntutan penyajian hasil analisis
4.      Sistematika penyajian hasil analisis
5.      Bahasa penyajian






Skor maksimal = 50






Nilai = Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal

Mengetahui,                                                                                       Pontianak,   Juni 2011
Kepala SMAN 1 Teluk Keramat,                                                    Pengampu Mata Pelajaran,


Muhammad Ridho                                                                            Yuliantoni
Nip. 196701012006005                                                                      Nim. 510900044

Tidak ada komentar:

Posting Komentar